Senin, 02 Desember 2013

STUDI KASUS ISD SEBAGAI MKDU



Masalah sosial yang terjadi pada saat ini lebih banyak disebabkan oleh masalah – masalah sepele. Hal ini dapat terjadi dikarenakan sifat, watak dan karakter yang berbeda-beda yang dimiliki oleh setiap orang.  Contohnya saja seperti masalah yang ada disekitar kita seperti masalah dengan tetangga. Kebanyakan masalah antara tetangga disebabkan oleh adanya omongan – omongan yang tidak baik sehingga memunculkan gosip yang tidak benar yang pada akhirnya akan memicu konflik dan perpecahan.
Maka dari sebab itu seharusnya setiap masyarakat harus mempunyai akhlak yang baik agar permasalahan – permasalahan sepele itu dapat dihilangkan. Meskipun masalah sosial tidak dapat dihilangkan secara menyeluruh dikarnakan pasti ada masalah – masalah baru yang akan timbul lagi. Hal ini disebabkan masalah sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat itu sendiri. Sebagai contoh lainnya adalah tawuran yang terjadi dikalangan pelajar seperti sekarang – sekarang ini. Padahal seharusnya tugas mereka adalah belajar dengan sungguh – sungguh dan disiplin agar mendapatkan prestasi yang membanggakan bukannya malah tawuran sesama pelajar yang tidak mendapatkan hasil apa – apa, tidak memikirkan dampak dari apa yang mereka lakukan, seperti tawuran antar pelajar.
Tawuran tidak hanya akan merugikan pelajar yang mengikuti tawuran tetapi warga, pemukiman warga, anak sekolah lain yang tidak berdosa bahkan bisa menjadi korban pula. Sebenarnya masalah ini dapat dihindarkan jika para pelajar dapat memahami bahwa permasalahan sebenarnya dapat diatasi dengan kepala dingin bukan malah dengan kekerasan. Jika para pelajar ataupun mahasiswa diberikan ilmu sosial dasar yang baik mungkin permasalahan ini dapat dihindari.
OPINI : seharusnya pihak berwajib harus bersikap tegas dalam memberikan sanksi kepada para pelaku agar para pelaku dapat jera. Peran sekolah ataupun universitas juga sangatlah penting, seharusnya mereka lebih menekankan lagi mengenai ilmu sosial dasar agar para pelajar dan mahasiswa memiliki soft skill yang baik. Peran orang tua pun juga sangat diperlukan, sebab kondisi keluarga yang baik akan menimbulkan sikap yang baik pula bagi seorang pelajar ataupun mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar