Senin, 02 Desember 2013

CONTOH STUDI KASUS PERTENTANGAN DAN INTEGRASI MASYARAKAT



            Contoh kasus pertentangan sosial yang sedang terjadi di indonesia antara lain adalah kasus mesuji, yang diakibatkan tidak adanya penyelesaian masalah yang baik. Sehingga terjadinya persengketaan tanah anatara masyarakat dengan pihak lain.
 Contoh lain peristiwa tersebut di Bima, Nusa Tenggara Timur, terjadinya pertumpahan darah karena adanya perselisihan antara warga dengan perusahaan pertambangan yang akan membuka lahan pertambangan di wiliayah tersebut. Namun ditolak oleh masyarakat di wilayah tersebut.
Agar tidak terjadi lagi kasus-kasus tersebut di indonesia, masyarakat indonesia harus menanamkan sikap dan kesediaan menenggang dan sikap terbuka golongan penguasa sehingga meniadakan kemungkinan diskriminasi.
OPINI : kasus diatas sering kali terjadi karena adanya sikap yang tidak terbuka antara golongan penguasa terhadap rakyat kecil sehingga sering kali terjadi kesalah pahaman antara satu dengan yang lain. maka dari itu , masyarakat indonesia harus menanamkan sikap dan kesediaan menenggang dan sikap terbuka golongan penguasa sehingga meniadakan kemungkinan diskriminasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar